Yang Dilakukan Setelah Menginstall Fedora 20

Bismillahirrahmanirrahim.

Walaupun Fedora 20 sudah lama rilis, akan tapi saya ingin menuliskan langkah-langkah apa saja yang dilakukan setelah saya menginstall Fedora 20 di laptop saya.

Ketika kita menginstall suatu distro linux, kebanyakan distro banyak yang tidak menyertakan aplikasi-aplikasi yang kita inginkan dan codec multimedia. Untuk Fedora, ia tidak menyertakan codec multimedia dan software-software yang propietary. Untuk lebih jelasnya silahkan ke sini.

Adapun kegiatan yang saya lakukan setelah menginstall Fedora 20 yaitu:

  1. Menginstall Yum Fastest Mirror, plugin ini digunakan oleh Yum untuk mencari server mirror yang paling cepat. Ia akan melakukannya secara otomatis. Command: su -c ‘yum install yum-plugin-fastestmirror’
  2. Melakukan update system. Command: su -c ‘yum update’
  3. Kadang setelah melakukan update, ada beberapa software yang meminta user untuk melakukan restart. Maka dari itu ketika saya telah selesai melakukan update, saya restart laptop saya.
  4. Menambahkan repo tambahan, rpmfusion. Ini berguna ketika kita ingin menginstall aplikasi yang tidak tersedia di repo resmi Fedora. Command: su -c ‘yum localinstall –nogpgcheck http://download1.rpmfusion.org/free/fedora/rpmfusion-free-release-$(rpm -E %fedora).noarch.rpm http://download1.rpmfusion.org/nonfree/fedora/rpmfusion-nonfree-release-$(rpm -E %fedora).noarch.rpm’
  5. Menginstall java plugin untuk browser. Command: su -c ‘yum install icedtea-web’
  6. Menginstall aplikasi tambahan seperti unrar, 7-zip, dan vlc. Command: su -c ‘yum install unrar p7zip vlc’
  7. Menginstall Fedy. Fedy merupakan sebuah tool yang sangat berguna bagi seorang pemula untuk melakukan tweak pada Fedora. Dengan Fedy, kita dapat menginstall software-software yang sering digunakan oleh kebanyakan orang, misal kingsoft office. Pokoknya banyak pilihan konfigurasi yang ditawarkan oleh Fedy ini. Saya sarankan anda untuk menjalajahinya sendiri. Command: su -c “curl http://satya164.github.io/fedy/fedy-installer -o fedy-installer && chmod +x fedy-installer && ./fedy-installer”

Tampilan Awal Fedy

Mungkin itu saja yang saya lakukan setelah menginstall Fedora 20. Untuk kebutuhan dasar, menurut saya itu sudah cukup. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Leave a Reply

