Keganjilan Evince? CUPS? Kekeliruan Saat Print

Bismillahirrahmanirrahim.

Sudah lama saya tidak menulis kejadian-kejadian apa saja yang telah terjadi di komputer saya. Alhamdulillah, semangat menulis itu muncul kembali.

Pada kesempatan kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saya saat memakai software pembaca file PDF Evince (software bawaan Fedora dengan DE Gnome) dan printer Canon PIXMA MP-237. Jujur, saya tidak tahu harus memberikan judul apa yang tepat untuk tulisan ini. Pengalaman ini sudah pernah saya bagikan sebelumnya di grup FB Komunitas Fedora Indonesia. Jadi, kasusnya itu seperti ini:

“Saya mempunyai sebuah dokumen yang ingin saya print. Tidak semua halaman yang akan diprint, cuman yang berhalaman genap saja yang diprint. Dokumen itu berformat pdf, saya membukanya menggunakan evince document viewer. Printer saya canon pixma mp237. OS Fedora 20.

Masalahnya adalah kenapa ketika saya ingin memprint halaman genap, yang terprint adalah halaman ganjil? Saya sudah memilih option even pages pada pengaturannya, tapi tetap saja gitu hasilnya.”

Sambil menunggu teman-teman komunitas untuk membantu, saya juga berusaha untuk terus melakukan debug. Akhirnya, masalah itu saya pecahkan sendiri juga. Tak lupa saya memberikan cara penyelesaiannya di grup.

“Masalah terpecahkan. Ada masalah pada printer setupnya pada saat kita ingin memprint. Misal saya mempunyai dokumen (format pdf, dan ia dibuka menggunakan evince) yang mempunyai 10 halaman. Saya cuman ingin memprint semua halaman genapnya saja.

[Kasus 1] Berarti kita masukkan halamannya 1-10 dengan pilihan even pages. Pada Kasus 1 ini, hasil print berjalan dengan baik.

[Kasus 2] Saya cuman ingin memprint halaman genap yang berada di antara halaman 3-10. Berarti kita masukkan halamannya 3-10 dengan pilihan even pages. Pada Kasus 2 ini, hasil print berjalan dengan baik.

[Kasus 3] Saya cuman ingin memprint halaman genap yang berada di antara halaman 3-10. Pada kasus ini saya tidak ingin memasukkan halaman 3-10, akan tetapi 4-10. Seharusnya hasilnya tetap sama karena yang diprint adalah halaman genap. Pada Kasus 3 ini, hasil print tidak berjalan dengan baik, yang terprint malah halaman ganjil.

KESIMPULAN: Mungkin ada bug. Kalau ingin memprint halaman genap, maka halaman awal yang dimasukkan pada print setupnya adalah halaman ganjil. Misal 1-10, 3-10, 5-10, atau contoh lainnya.”

Leave a Reply

