Belajar DNF : Pengantar

Bismillahirrahmanirrahim.

Menurut saya, sistem manajemen paket merupakan hal yang wajib dipelajari ketika kita pertama kali mencoba distro linux. Kebanyakan distro linux mempunyai manajemen paket yang berbeda-beda tapi ada juga yang sama. Jika distro tersebut adalah distro turunan, maka biasanya manajer paket yang dipakai adalah manajer paket yang dipakai oleh distro induk. Fedora memakai DNF sebagai manajer paket default.

Deskripsi

Apa itu DNF? DNF merupakan singkatan dari Dandified YUM, adalah sebuah manajer paket untuk distro linux berbasis RPM. DNF adalah pengganti YUM, sebuah manajer paket yang telah lama digunakan oleh Fedora sejak pertama kali ia dibuat. Perintah-perintah pada DNF tidak jauh berbeda dengan YUM.

Perintah-perintah yang tersedia:

DNF juga mempunyai option yang banyak untuk membuatnya lebih fleksibel lagi. Misal –exclude, –enablerepo, dan masih banyak lagi. Untuk langkah awal mempelajari DNF, saya ingin membagikan konfigurasi DNF saya. Sekian pengantar singkat saya tentang DNF. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda. Untuk pembelajaran selanjutnya, kita akan mempelajari instalasi paket menggunakan DNF di Fedora Workstation. Jadi, pastikan Anda menginstal Fedora Workstation ya 😉

dnf.conf

Referensi:

Tulisan ini dikerjakan menggunakan WordPress dengan bantuan Mozilla Firefox 38.0.5. Sistem operasi yang digunakan yaitu Fedora 22 Workstation.

Advertisements

One thought on “Belajar DNF : Pengantar

  1. Orang yang menyatakan sistem manajemen paket harus dipelajari seperti di atas, cerdas. Tidak semua orang menyadari itu. Posting ini adalah tulisan pertama di Indonesia (yang saya tahu) membahas DNF. Sebuah kesadaran yang prima.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s